Ditunda, Smartphone Spiral 2 Dari Projet Ara Baru Debut Tahun 2016

Kolom Gadget – Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menunda Project Ara dan baru akan memulai debutnya pada tahun 2016. Selain itu, mereka juga akan mengganti lokasi peluncurannya.

Google baru saja mengumumkan melalui akun Twitter resmi Project Ara bahwa proyek Google dalam bentuk smartphone modular yang disebut dengan Spiral 2 baru bisa memulai debutnya tahun depan. Alasannya, terlalu banyak iterasi smartphone saat ini.

Bukan hanya itu, Google tampaknya juga memikirkan ulang lokasi pengumuman smartphone modular Spiral 2 ini. Seperti diketahui, ponsel ini rencana awalnya bakal diluncurkan di Puerto Rico, namun perusahaan mesin pencari raksasa itu tampaknya akan mengganti lokasi peluncurannya.

Pengumuman ini tentu membuat banyak orang yang menantikan proyek ambisius Google ini merasa kecewa. Seperti yang kita ketahui, Project Ara adalah sebuah proyek peninggalan Motorola sebelum dilepas oleh Google ke Lenovo. Proyek ini akan melahirkan sebuah smartphone modular yang terbuat dari bagian-bagian yang mudah diganti. Saat pengguna ingin meng-upgrade spesifikasi ponselnya, maka pengguna tidak perlu mengganti ponselnya, melainkan cukup upgrade dengan mengganti komponen/modul yang ingin ditingkatkan.

Misalnya, saat pengguna menginginkan smartphone miliknya memiliki kamera dengan resolusi yang lebih baik, maka pengguna cukup mengganti modul kamera dengan resolesi yang lebih tinggi. Begitu pula RAM dan penyimpanan internalnya. Pada dasarnya ini mirip seperti CPU komputer yang bisa dengan mudah di upgrade hanya dengan mengganti modul tertentu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *