Chipset Nuclun Generasi Kedua Buatan LG Lebih Kencang Dari Exynos 7420 (Rumor)

Kolom Gadget – Sebuah rumor terdengar terkait dengan chipset buatan LG. Rumor tersebut mengatakan bahwa LG saat ini sedang bekerja dengan chipset Nuclun generasi kedua yang lebih cepat dari Exynos 7420.

Sejauh ini rival satu negaranya Samsung telah membuat sendiri komponen chipset. Selain itu, rival lainnya Apple dan Huawei juga membuat dan mengembangkan sendiri chipset mereka. LG pun bukannya tak punya niatan memproduksi chipset sendiri, karena saat ini LG telah memiliki chipset Nuclun, meski masih belum dipakaikan ke produk smartphone mereka.

Rumor baru pun berkumandang yang menyebutkan bahwa LG telah memiliki chipset Nuclun generasi kedua. Chipset ini pun disebutkan lebih kencang dari Exynos 7420 yang saat ini digunakan di perangkat flagship Samsung. Chipset Nuclun generasi kedua LG dirumorkan membawa satu prosesor octa-core dan 4-core prosesor Cortex-A72 dengan clock 2.1GHz. Sementara juga menggunakan 4-core prosesor lainnya yang bekerja hingga 1.5GHz dan diatur dalam arsitektur big.LITTLE. Dalam pengembangannya, LG bekerjasama dengan TSMC yang artinya Nuclun 2 akan diproduksi menggunakan proses 16nm.

Informasi terbaru juga termasuk dengan skor benchmark dari Geekbench yang kabarnya Nuclun berhasil mencetak skor 5392 untuk uji multi-thread dan 1796 untuk beban single-thread. Skor ini berada cukup jauh diatas Exynos 7420 di smartphone Samsung Galaxy S6 yang mencetak skor 4970 untuk uji multi-thread dan 1486 untuk uji single-thread.

Meski kinerjanya lebih cepat dari Exynos 7420, apakah Nuclun 2 bisa lebih dingin dari generasi sebelumnya? Mengingat generasi pertama dari chipset Nuclun sendiri hamper saja go internasional jika tidak mengalami overheating.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *