Intel Rilis Heatsink yang Dirancang Khusus Untuk Prosesor Skylake

Kolom Gadget – Intel telah merilis prosesor yang dirancang khusus untuk overclocking dan disebut dengan Skylake. Prosesor ini tidak dilengkapi dengan heatsink, namun ternyata Intel merilis heatsink tersebut secara terpisah.

Prosesor Intel generasi ke-6 dengan kode nama Skylake merupakan prosesor yang dirancang unlock untuk overclocking menggunakan unlock multiplier. Dengan rancangan seperti itu, prosesor ini pun tak membutuhkan pendingin standar berupa heatsink, setidaknya itulah yang dipikirkan oleh insinyur Intel sehingga merilis prosesor ini tanpa pendingin heatsink.

Memang, jika dipikir dengan logika, pendingin standar tentu tak akan terlalu berguna untuk prosesor ini, karena pengguna akan lebih memilih untuk membeli heatsink dari pihak ketiga yang lebih mampu dalam melepas panas ketimbang menggunakan stok heatsink standar.

Namun ternyata Intel menjual secara terpisah heatsink untuk prosesor Skylake ini. Salah satu situs Jepang pun memamerkan beberapa desain dari heatsink Intel yang dirancang untuk prosesor Skylake. Seperti yang anda lihat, desainnya memang sangat berbeda dari kebanyakan heatsink yang ada saat ini. Ukurannya juga lebih besar, dengan ketinggian dua kali lipat dari heatsink standar LGA 1150 dan mirip seperti heatsink standar Intel, namun memang sesuai untuk kebutuhan overclocking.

Bagian kipasnya menggunakan jenis fan yang sering digunakan pada heatsink premium, PWM fan yang jauh lebih baik. Sayangnya, tak ada nama resmi yang disebutkan Intel untuk menyebut heatsink ini kecuali kode TS15A dan dijual seharga USD 41.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *