Qualcomm Rilis Resmi Snapdragon 820, Pakai CPU Kyro dan GPU Adreno 530

Kolom Gadget – Qualcomm akhirnya meluncurkan chipset terbaru mereka pengganti Snapdragon 810 yaitu Snapdragon 820. Chipset ini menggunakan Core Kyro dengan Adreno 530 sebagai pengolah grafisnya.

Qualcomm baru saja merilis chipset mobile terbarunya Snapdragon 820 yang akan menggantikan posisi Snapdragon 810 sebagai chipset high-end buatan perusahaan semikonduktor ternama itu. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, Qualcomm membenamkan CPU 64-bit Kyro pada chipset anyarnya ini, dan tak lagi menggunakan Cortex.

Dalam pengumumannya, Qualcomm juga mengungkap bahwa Snapdragon 820 menggunakan generasi terbaru Adreno 530 sebagai pengolah grafisnya yang mendukung HDMI 2.0 hingga 4K@60fps. Chipset Qualcomm lainnya Snapdragon 618 dan 620 juga menggunakan GPU dari seri yang sama, yaitu Adreno 5-series yang mendukung OpenGL 3.1 dan API Vulcan baru. Dengan konfigurasi seperti itu, Qualcomm mengklaim chipset terbarunya ini mampu bekerja 40% lebih cepat namun disaat yang sama juga lebih hemat konsumsi daya hingga 40%.

Qualcomm memang tak mengungkap pembuatan chipset miliknya itu menggunakan proses apa, namun diperkirakan adalah 14nm atau 16nm. Qualcomm sebelumnya menggunakan pemrosesan 20nm dalam membuat chipset miliknya.

Snapdragon 820 mendukung dual-kamera di depan dan belakang meski dengan panjang fokus yang berbeda dimana ISP akan mensimulasikan langkah zoom diantara kedua panjang fokus agar transisi bisa mulus seperti optical zoom. Informasi lainnya mengenai Snapdragon 820 masih belum diungkap saat ini.

 Qualcomm Rilis Resmi Snapdragon 820, Pakai CPU Kyro dan GPU Adreno 530 2

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *