Google dan BMW Rebutan Alphabet

Kolom Gadget – Google dan BMW tampaknya akan rebut-rebutan nama Alphabet karena nama ini sudah lebih dulu dimiliki oleh perusahaan otomotif asal Jerman, BMW. Namun Google merasa tidak melanggar paten apapun karena mereka tidak merilis produk atau jasa dengan nama ini.

Dengan terbelahnya Google menjadi dua, maka Alphabet dan Google akan menjadi dua perusahaan yang berbeda. Meski begitu, Alphabet dan Google tetap menjadi saudara dengan Alphabet yang menaungi Google dan menjadi induk bagi perusahaan ini.

Namun ternyata jalan Alphabet untuk berdiri sendiri tak semulus yang dipikirkan, karena didepan ada BMW yang menghadang lajur Alphabet. Ya, ternyata merek dagang Alphabet sudah lebih dulu dimiliki oleh perusahaan otomotif asal Jerman, BMW. Alphabet adalah anak perusahaan BMW yang sangat penting dan bergerak di bidang leasing mobil.

Soal diangkatnya Alphabet menjadi nama dari induk perusahaan Google, perusahaan mesin pencari raksasa ini tak sedikitpun meminta izin dari BMW termasuk untuk menggunakan nama domain alphabet.com. Namun saat ini BMW sedang mempelajari kemungkinan adanya pelanggaran terhadap penggunaan nama Alphabet ini.

Aturan di lembaga United States Patent and Trademark Office sendiri sebenarnya memperbolehkan dua perusahaan menggunakan nama yang sama asal tidak membuat konsumen bingung. Sehingga saat ini statusnya kepemilikan nama Alphabet belum diketahui, apakah induk perusahaan Google bisa menggunakan nama Alphabet atau tidak. Namun Google Senin (10/08/2015) dengan tegas menyampaikan bahwa mereka merasa tidak melanggar paten apapun terkait nama Alphabet karena perusahaan baru ini tidak merilis produk atau jasa appaun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *