Diminta Pangkas Harga Chip Apple A9, Samsung Malah Berupaya Rebut Jatah TSMC

Kolom Gadget – Apple meminta kepada dua perusahaan pemasok chip Apple A9 untuk memangkas harga chip tersebut. Namun Samsung malah memanfaatkan kesempatan ini untuk menguasai jatah produksi chip ini.

Laporan terbaru datang dari DigiTimes yang mendapatkan informasi dari salah satu sumbernya bahwa Apple telah meminta kedua perusahaan pemasok chipset Apple A9 yaitu Samsung dan TSMC untuk memangkas harga chipset tersebut.

Menurut sumber, TSMC cenderung ingin menolak permintaan tersebut, sementara Samsung yang produksinya menggunakan teknologi 14nm FinFET justru mengambil kesempatan ini untuk mencoba menguasai jatah produksi chipset Apple A9 agar mayoritas produksi chip tersebut diproduksi oleh mereka dengan menyetujui permintaan Apple ini. Samsung bahkan memberikan Apple layanan backend hampir tanpa biaya.

Sementara TSMC seperti dalam kondisi terjepit. Perusahaan semikonduktor ini tentu tak ingin memangkas harga chip A9, namun jika mereka menolaknya hal ini bisa berakibat pada pengurangan pemesanan chip Apple A9. Padahal TSMC memiliki target untuk memproduksi hingga 30.000 wafer menggunakan teknologi 16nm FinFET mereka pada bulan Agustus. Penolakan permintaan ini jelas bisa mengurangi produksi hingga 20.000 wafer per bulan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *