Microsoft Rilis Windows 10 IoT Core

Kolom Gadget – Microsoft selain memiliki Windows 10 untuk PC dan perangkat mobile, juga tersedia untuk perangkat Internet of Things (IoT) yang disebut dengan Windows 10 IoT Core.

Windows 10 saat ini sudah terinstal di 25 juta perangkat pengguna. Microsoft pun punya target agar Windows 10 bisa terinstal di 1 miliar perangkat pada tahun 2017. Kedengarannya memang terlalu besar, namun bukan hal yang mustahil mengingat Windows 10 bukan hanya tersedia di PC, tetapi juga ponsel dengan Windows 10 Mobile. Selain itu, Microsoft juga punya Windows 10 versi mini yang ditujukan untuk perangkat IoT (Internet of Things) yang disebut Windows 10 IoT Core.

Namun mengingat ini hanya versi mini dari Windows 10, maka sudah tentu kemampuannya tak bisa disamakan dengan Windows 10 yang sebenarnya. Windows 10 IoT Core ini hanya bisa digunakan dalam beberapa hal seperti robot dan sistem otomatisasi rumah.

Windows 10 IoT Core pun penggunaannya masih terbatas, dan masih baru mampu diinstal di Raspberry Pi 2 dan MinnowBoard Max, perangkat PC mini dimana Raspberry Pi 2 dipacu prosesor ARM sedangkan MinnowBoard Max menggunakan prosesor Intel.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *