Microsoft Akan Umumkan 4 Development Toolkit (SDK) Multi OS Untuk Aplikasi Windows 10

Kolom Gadget – Untuk mencapai targetnya agar Windows 10 digunakan di 1 miliar perangkat, maka Microsoft merilis empat SDK untuk berbagai platform termasuk iOS dan Android.

Windows 10 saat ini sudah digunakan di lebih dari 25 juta perangkat (belum termasuk Windows 10 Mobile yang belum dirilis). Perusahaan perangkat lunak raksasa ini pun memiliki target 1 miliar perangkat digunakan perangkat. Untuk mewujudkan ambisinyanya, Microsoft pun akan merilis proyek bernama Project Westminster.

Project Westminster adalah sebuah proyek yang akan mempermudah para developer aplikasi dalam menggunakan kode mereka untuk membuat aplikasi Windows 10. Untuk itu, Microsoft juga akan merilis 4 development toolkit alias SDK yang ditujukan untuk para developer dan mempermudah mereka melakukan coding baik untuk Web, Win32, .Net, iOS dan Android. Dengan begini, developer bisa lebih mudah membuat aplikasi mereka yang saat ini hanya tersedia di iOS atau Android untuk hadir juga di Windows 10.

Aplikasi yang dibuat oleh developer nantinya juga akan kompatibel dengan berbagai perangkat Windows 10 seperti smartphone, tablet, notebook dan PC desktop tanpa harus mengubah kode yang ada di dalam aplikasi mereka. Semua langkah memanjakan developer itu dilakukan Microsoft untuk lebih menarik minat developer membuat aplikasi untuk Window 10 sekaligus memberikan keuntungan bagi developer aplikasi untuk lebih memperlebar sayap aplikasi mereka di Windows 10.

Microsoft sendiri melalui perwakilannya Terry Myerson mengatakan bahwa awalnya mereka hanya berencana untuk menyediakan satu SDK saja yaitu iOS. Namun karena iOS tidak didukung di beberapa negara, maka Microsoft pun membuat SDK untuk Android.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *