Apple, Sony Hingga Blackberry Putar Otak Penuhi Regulasi TKDN

Kolom Gadget – Perusahaan ponsel yang belum memilik basis produksi di Indonesia saat ini mulai putar otak untuk memenuhi regulasi TKDN 30% yang akan ditetapkan pemerintah 2017 mendatang jika tak ingin produk ponselnya dilarang beredar di Indonesia.

Beberapa perusahaan yang memang belum mengambil ancang-ancang atas aturan baru pemerintah soal TKDN mulai putar otak untuk bisa memenuhi regulasi ini. Beberapa perusahaan tersebut seperti Sony, Apple dan Blackberry pun mulai mempelajari bagaimana regulasi peredaran ponsel di Indonesia.

Hal ini agar mereka tak kehilangan pasar di Indonesia mengingat Indonesia yang merupakan salah satu pasar menggiurkan bagi perusahaan ponsel. Karena selama ini, baik Apple, Sony dan Blackberry ketiganya masih mengimpor secara utuh ponsel yang mereka pasarkan di Indonesia. Sementara perusahaan lain seperti Samsung, Oppo dan bahkan Polytron sudah memiliki pabrik untuk bisa terus eksis di ceruk pasar ponsel tanah air.

Diberlakukannya aturan TKDN di Indonesia sendiri lebih disebabkan angka impor ponsel Indonesia yang rata-rata mencapai 50 juta unit ponsel dalam setahun yang nilai keseluruhannya bisa mencapai Rp 41 triliun. Untuk menekan impor, ditetapkanlah sejumlah peraturan untuk bisa mengurangi impor ponsel Indonesia yang menyebabkan beberapa perusahaan mulai putar otak untuk bisa memenuhi aturan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *