Xiaomi Ingin Buat Prosesor Mobile Sendiri

Kolom Gadget – Xioami tampaknya ingin berdiri di atas kaki sendiri dalam memenuhi kebutuhan chip mobile mereka. Perusahaan smartphone nomor satu di Tiongkok ini berniat ingin memproduksi chip mereka sendiri.

Sejauh ini ada dua perusahaan semi konduktor yang produk chipsetnya banyak digunakan di ponsel-ponsel saat ini. Perusahaan itu adalah Qualcomm dan MediaTek. Samsung, Huawei dan Apple memiliki perusahaannya sendiri yang sudah mapan dan mampu memproduksi chipset sendiri untuk memenuhi pasokan produksi ponsel mereka. Semetara perusahaan lainnya bergantung pada Qualcomm dan MediaTek.

Namun Xiaomi tampaknya ingin lebih mandiri dengan berecana membuat prosesor mobile yang rencanannya chipset buatannnya itu akan dimulai diluncurkan awal tahun 2016. Dalam mewujudkan ambisinya itu, Xiaomi sepertinya akan bekerjasama dengan perusahaan chip asal Tiongkok, Leadcore. Sebagai permulaan, chipset buatannya itu akan digunakan di smartphone Redmi low-end produksi mereka.

Xiaomi sendiri saat ini kebanyakan ponselnya menggunakan chipset buatan Qualcomm dan MediaTek. Namun mengingat hanya dua perusahaan tersebut yang paling diakui produk chip mobile-nya, maka akan sangat beresiko jika salah satu atau dua perusahaan tersebut gagal memproduksi chip atau memiliki cacat dalam chip yang mereka produksi seperti yang banyak diisukan kepada Snapdragon 810, dimana chipset ini dilaporkan mengalami masalah overheating. Dengan sedikitnya perusahaan chip mobile ternama di dunia ini, Xiaomi mungkin mulai berpikir untuk berdiri di atas kaki sendiri dalam memasok chipset terbaru mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *