iOS Mulai Gerogoti Pasar Android di Eropa

Kolom Gadget – iOS semakin menunjukkan taringnya di Eropa. Platform mobile milik Apple ini berhasil menerkam seluruh platform mobile yang ada saat ini bahkan termasuk Android yang dibuat merosot pangsa pasarnya di Benua Biru.

Android dan iOS, robot hijau dan apel keropos adalah dua platform mobile yang sangat popular di dunia. Keduanya saling bersaing satu sama lain untuk menguasai dunia. Namun tampaknya di daratan Eropa, kekuasaan Android mulai terancam.

Menurut data yang dirilis oleh Kantar Worldpanel ComTech, iOS mulai mendominasi Benua Biru ini dengan pertumbuhan sebesar 5,5% dari yang awalnya 28,1% kini menjadi 34,5% Juni tahun lalu di Inggris. Tak cuma Inggris, iOS juga mulai menggerogoti pasar Android di Perancis dengan pertumbuhan dari yang awalnya 14,7% menjadi 16,8% bulan Juni 2015. Bukan hanya Inggris dan Perancis, negara lainnya di daratan Eropa seperti Jerman, Italia dan Spanyol pun mencatatkan pertumbuhan.

Sebaliknya dengan Android, pangsa pasarnya justru merosot dengan market share Android saat ini turun 7,4% ke 53,2% bulan Juni 2015 dari yang awalnya 60,6% pada periode yang sama tahun ini. Tak cuma Android, Windows Phone juga mengalami nasib yang sama dengan Android yang mengalami penurunan pangsa pasar sebesar 1,7% dari yang awalnya 11,3% pada Juni 2014 lalu menjadi 9,6%. Blackberry pun tak lepas dari terkaman iOS yang kini hanya tinggal 1,1% saja pangsa pasarnya di Eropa, turun dari 1,2% pada periode yang sama tahun ini.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tampaknya menjadi penyebab menyusutnya pasar Android karena pengguna Android mulai beralih ke platform iOS karena lebih tertarik dengan layar besar yang disematkan Apple ke iPhone 6s Plus. Terlebih kualitas material iPhone 6 Plus diyakini lebih baik dari smartphone-smartpone Android saat ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *