Google dan Samsung Kelimpungan Gara-gara Stagefright

Kolom Gadget – Bug Stagefright telah membuat dua perusahaan raksasa Google dan Samsung kelimpungan lantaran celah keamanan ini ada di sistem operasi Android 2.2 Froyo hingga Android versi terbaru saat ini.

Sebagian dari anda tentu sudah mendengar bahwa sistem operasi andalan Google, mulai dari versi 2.2 Froyo hingga versi terbaru sekarang ini memiliki celah yang sangat menakutkan yang disebut dengan Stagefright. Gara-gara celah keamanan ini, Samsung dan Google sampai berjanji untuk lebih meningkatkan keamanan platform dan perangkat mereka dengan menjanjikan pembaruan keamanan tiap bulan.

Google selaku pengembang dari sistem operasi Android telah meluncurkan pembaruan terhadap perangkat Nexus mereka. Patch ini telah digulirkan secara OTA (over-the-air) ke perangkat Nexus yaitu Nexus 4, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7, Nexus 9, Nexus 10 dan Nexus Player. Google pun menjanjikan akan meluncurkan update keamanan tiap bulannya bagi perangkat yang masih mendapatkan jaminan pembaruan dari Google. Bagi anda yang belum tau, Google memberikan waktu jaminan perangkat lunak baru selama 3 tahun setelah model smartphone tersedia di Google Play Store. Hal ini disampaikan oleh Google melalui Google Blog.

Sementara Samsung sebagai vendor ponsel Android terbesar di dunia melalui blog resminya di Samsung Tomorrow juga menjanjikan jaminan keamanan yang baru bagi perangkat produksi mereka terutama saat ditemukannya kerentanan baru dalam perangkat mereka yang akan digulirkan secara OTA dan patch ini akan diluncurkan secara teratur sekali dalam sebulan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *