Apple iPhone 6c Akan Diluncurkan Q2 2016 Dengan Chip 14nm/16nm FinFET?

Kolom Gadget – Situs publikasi Taiwan mengungkapkan bahwa Apple baru akan meluncurkan iPhone dengan harga terjangkau yaitu iPhone 6c pada kuartal kedua 2016.

Dalam beberapa bulan lagi Apple akan meluncurka generasi terbaru iPhone miliknya iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Namun perusahaan berlambang apel keroak ini tampaknya juga mempersiapkan iPhone lain dengan harga yang lebih murah. Ponsel ini disebut dengan iPhone 6c dan merupakan generasi penerus dari iPhone 5c

Soal kehadirannya, informasi terbaru yang didapat dari situs publikasi Taiwan, Digitimes (04/08/2015) mengatakan bahwa iPhone 5c nantinya akan diluncurkan pada kuartal kedua 2016. Informasi ini sejalan dengan informasi terakhir yang mengatakan bahwa iPhone 5c akan ditunda peluncurannya hingga paruh pertama tahun depan karena dikhawatirkan bakal memangsa pasar iPhone 6.

Tak Cuma soal tanggal kehadirannya, sumber informasi ini juga menyebutkan iPhone 6c bakal membawa chipset buatan Samsung yang diproduksi menggunakan proses 14nm dengan FinFET. Selain itu sebagian lainnya juga akan menggunakan chipset buatan TSMC yang diproduksi menggunakan proses 16nm. Sekedar untuk diketahui, chipset yang akan digunakan oleh iPhone 6s dan iPhonoe 6s Plus juga menggunakan chipset buatan Samsung dan TSMC.

Digunakannya chipset dengan proses 14nm dan 16nm sendiri sebenarnya bukan rencana awal Apple. Awalnya Apple ingin menggunakan chipset yang dibuat dengan proses 20nm TSMC, namun pada akhirnya Apple memutuskan untuk menggunakan teknologi yang lebih baru agar memiliki kemampuan pemrosesan yang lebih baik sekaligus menekan rasio konsumsi daya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *