Xiaomi dan Huawei Jegal Apple Hingga Tersungkur di Posisi Ketiga

Kolom Gadget – Apple harus rela menyerahkan singgasana kekuasaannya kepada Xiaomi yang berhasil melengserkannya. Kini, pasar smartphone di daratan Tiongkok dikuasai oleh Xiaomi dan Huawei yang menempati posisi kedua.

Apple boleh berbangga diri duduk di singgasana tertinggi pasar smartphone dunia. Namun di Tiongkok, pejuang lokal seperti Xiaomi dan Huawei telah berhasil menjatuhkan kekuasaan Apple di kuartal kedua tahun ini. Ya, Xiaomi kini berhasil meraih pangsa pasar 15,9% di Tiongkok sekaligus meraih singgasana kekuasaan pasar smartphone Tiongkok menggantikan kekuasaan Apple, menurut penelitian yang dikumpulkan oleh Canalys.

Meski tersungkur, bukan berarti Apple berada di posisi kedua. Karena berbeda tipis dengan Xioami, Huawei menempati posisi kedua dengan pasar 15,7% yang membuat Apple harus rela berada di posisi ketiga. Dibawah Apple bertengger Samsung di posisi ke empat dan Vivo menempati posisi ke lima.

Dinasti Xiaomi dengan smartphone Mi Note Pro yang berhasil menjatuhkan kekuasaan Apple ternyata juga berpengaruh terhadap pasar Samsung yang terpaksa menurunkan harga sang flagship Galaxy Note 4.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *