Uber, Perusahaan Kontroversial yang Jadi Startup Termahal di Dunia

Kolom Gadget – Uber, sebuah perusahaan sewa kendaraan yang beroperasi seperti perusahaan taksi namun memperbolehkan siapapun pemilik kendaraan yang memegang lisensi mengemudi untuk menjadi sopir Uber kini menjadi startup paling bernilai di dunia.

Uber memang sering menimbulkan permasalahan dibanyak negara tempat perusahaan ini berdiri. Perusahaan ini memang selalu dijauhi sopir taksi, tapi banyak investor justru mendekatinya. Dan siapa sangka jika layanan sewa kendaraan yang menjajakkan layanannya lewat aplikasi ini adalah startup termahal di dunia?

Uber dilaporkan telah menghasilkan dana USD 1 miliar dari investor. Pengumpulan pendanaan ini menjadikan Uber memiliki nilai sebesar USD 51 atau sekitar Rp 688,7 triliun. Microsoft bahkan disebut-sebut sebagai salah satu investor Uber. Dana ini nantinya akan digunakan oleh Uber untuk berinvestasi di India dan Tiongkok yang merupakan pasar penting Uber lantaran memiliki populasi yang sangat besar.

Xiaomi yang sebelumnya memegang gelar sebagai startup termahal sebelumnya dengan nilai USD 46 miliar pun berhasil dikalahkan Uber. Setelah Xiaomi ada Airbnb yang berada di posisi ketiga dengan nilai USD 25 miliar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *