Pengguna Samsung Galaxy dan Oppo di Tiongkok Bebas Bloatware

Kolom Gadget – Samsung digugat oleh konsumennya di Tiongkok atas pemasangan bloatware di perangkat Samsung. Pengadilan memenangkan konsumen dan Samsung harus menyediakan patch yang memungkinkan konsumen untuk menghapus bloatware di perangkat Samsung Galaxy.

Konsumen Tiongkok telah melayangkan gugatan kepada para produsen smartphone atas aplikasi bloatware yang terdapat pada produk smartphone mereka. Sejauh ini, produsen yang banyak menginstal aplikasi bloatware adalah Samsung dan produsen lokal Oppo.

Pengadilan akhirnya memenangkan gugatan konsumen yang dilayangkan oleh panitia perlindungan konsumen di Tiongkok. Atas putusan ini, Samsung pun diperintahkan untuk menghapus bloatware yang tidak diperlukan di smartphone mereka melalui patch software yang diluncurkan bulan Agustus ini.

Patch ini akan memungkinkan pengguna untuk menghapus apa yang dianggap oleh pengguna sebagai bloatware. Setidaknya ada 20 dari 44 aplikasi pre-instal yang ditetapkan oleh panitia sebagai aplikasi bloatware di Samsung Galaxy Note 3. Sementara aplikasi yang benar-benar diperlukan ada 24.

Tentu saja, ini merupakan kemerdekaan bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy. Namun kemerdekaan ini hanya dirasakan oleh konsumen Tiongkok saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *