Pakai Youtube Kini Bebas Google+

Kolom Gadget – Google akan segera menghapus kebijakan mengenai penggunaan akun Google+ untuk menggunakan layanan Youtube. Dengan begini, pengguna bisa bebas untuk memilih apakah mereka ingin login dengan menggunakan akun Google+ atau tidak.

Selama ini Youtube mewajibkan seluruh pengguna yang ingin menggunakan layanan penuh dari Youtube untuk menggunakan akun Google+. Kita mungkin masih bisa menonton video tanpa akun Google+, namun kita tak bisa mengunggah dan menggunakan berbagai fitur didalamnya, atau memberikan komentar terhadap video yang kita tonton.

Tak heran, ini karena Youtube merupakan layanan milik Google sehingga tak heran jika Google ingin mengintegrasikan layanan streaming video miliknya itu dengan layanan jejaring sosial andalannya. Untungnya, kini menggunakan layanan Youtube tak lagi perlu akun Google+.

Google melalui blog resminnya telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus kebijakan perihal kewajiban menggunakan akun Google+ untuk menggunakan layanan Youtube. Meski bebas tak menggunakan akun Google+, pengguna yang ingin tetap menggunakan akun Google+ bisa tetap menggunakannya, sehingga pengguna bisa memilih dua pilihan akun yang akan digunakannya. Kebijakan baru ini pun sedang dalam proses, sehingga untuk saat ini pengguna tak bisa begitu saja melepaskan akun Google+ dari akun Youtube miliknya.

Jika pengguna bebas untuk tidak menggunakan Google+, lantas bagaimana pengguna ingin login? Google aka menggunakan kembali Google Account untuk bisa masuk keseluruh layanan mereka termasuk Youtube. Ada kelebihan yang bisa didapatkan pengguna jika menggunakan Google Account ketimbang menggunakan akun Google+, yakni privasi mereka tetap terjaga. Ini karena Google Account merupakan akun tertutup, sedangkan Google+ adalah publik yang data penggunanya bisa dilihat banyak orang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *