Pemerintah Pakistan Larang BlackBerry Enterprise Service (BES)

Kolom Gadget – Pemerintah Pakistan melalui otoritas telekomunikasi setempat, PTA telah mengirimkan surat kepada seluruh operator seluler di negara itu untuk melarang BES mulai awal bulan Desember.

BlackBerry Enterprise Service atau yang lebih sering disingkat menjadi BES adalah solusi yang menjamin keamanan penggunanya. Beroperasi bersama dengan Exchange dan server Domino, menjadi platform yang dikelola oleh Blackberry untuk menawarkan keamanan dengan otonomi bagi perangkat Blackberry dan aplikasi yang digunakan. Namun bukannya mendapatkan dukungan, solusi ini justru dilarang di Pakistan.

Kementerian Dalam Negeri Pakistan telah mengeluarkan perintah terhadap otoritas telekomunikasi di Negara itu, Pakistan Telecommunication Authority (PTA) agar pada 1 Desember mendatang seluruh operator seluler di Pakistan diblokir. Penyebabnya adalah masalah keamanan, layanan email Blackberry tidak bisa dilacak atau diterjemahkan oleh otoritas pemerintah setempat.

Meski begitu, larangan BES ini sendiri tidak berpengaruh terhadap penyediaan layanan Blackberry Internet Service, sehingga masih bisa digunakan oleh smartphone Blackberry bahkan untuk generasi lama. Khurram Mehran yang menjadu juru bicara PTA mengungkapkan bahwa kebijakan ini tidak akan mempengaruhi lebih dari 5.000 pengguna di Pakistan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *