Aluminium Foil Ternyata Bisa Redam Overheating Snapdragon 810

Kolom Gadget – Temuan baru didapatkan salah seorang member XDA Developers yang menemukan cara untuk meredam panasnya overheating di smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 810.

Meski disangkal Qualcomm, namun banyak pengguna smartphone yang didalamnya menggunakan chipset Snapdragon 810 sudah melaporkan panas berlebih alias overheating yang dialami pengguna. Hal ini jelas membuktikan betapa chipset buatan Samsung itu bisa membuat ponsel terasa panas.

Banyak vendor sudah menggunakan berbagai cara untuk meredam panasnya Snapdragon 810, namun nyatanya tak terlalu berhasil. Qualcomm bahkan telah membuat versi terbaru dan merevisi chipset buatannya itu ke versi 2 yang digunakan di Sony Xperia Z3+, namun tetap saja membuat smartphone ini mengalami masalah dengan overheating.

Menariknya, salah seorang member di XDA Developers seperti dilansir dari GizmoChina, berhasil menemukan cara yang bisa meredam panasnya smartphone yang menggunakan Snapdragon 810 hanya dengan menggunakan aluminium foil. Caranya, dengan memasukkan lembaran aluminium foil ini kedalam casing pelindung smartphone di ponsel Xperia Z3+ miliknya.

Perbedaan antara menggunakan aluminium foil dan tidak menggunakannya sebesar 1%. Jika tidak menggunakan aluminium foil suhu smartphone ini sekitar 51,4 derajat celcius dan kinerja smartphone turun menjadi 74,75%, maka dengan menggunakan aluminium foil suhunya menjadi lebih rendah yakni 50,1 derajat celcius dan kinerjanya selama uji benchmark menjadi 80,01%.

Suhu memang tak terlalu menurun, namun hal ini bisa memberikan dampak yang sangat besar terhadap kinerjanya yang meningkat sekitar 5,26%.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *