Bos Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia

Kolom Gadget – Presiden Nintendo, Satoru Iwata yang sekaligus menjabat sebagai Presiden perusahaan game asal Jepang ini baru saja meninggal dunia di usianya yang sudah 55 tahun. Ia tutup usia karena penyakit kanker saluran empedu.

Nintendo meski tak sepopuler PlayStation dan Xbox One namun tetap menjadi salah satu platform game yang cukup populer. Namun perusahaan ini kini diselimuti kabar duka karena CEO dan Presiden Nintendo Satoru Iwata telah tutup usia di usia 55 tahun.

Menurut informasi yang dilansir dari The Verge (13/07/2015), Iwata meninggal karena kanker saluran empedu yang dideritanya sejak lama. Padahal Ia telah menjalani operasi pengangkatan tumor di empedunya yang berjalan sukses tahun lalu.

Selama hidupnya sejak lahir ke dunia pada tanggal 6 Desember 1959, Iwata merintis karirnya sebagai programmer di Nintendo pada awal tahun 1980-an. Ia kemudian menjadi CEO Nintendo pada tahun 2002 dan ditangannya ada banyak kesuksesan yang telah diraih oleh Nintendo. Termasuk salah satunya adalah Nintendo Wii dan DS yang telah terjual lebih dari 101 juta unit diseluruh dunia.

Iwata bahkan telah mencoba untuk merancang konsol generasi terbaru dengan kode NX, sebuah konsol dengan sistem dan hardware dengan konsep terbaru. Ia juga memiliki rencana untuk merambah pasar mobile dengan menghadirkan game besutannya ke perangkat mobile, dan mencoba untuk lebih mengembangkan gamenya dengan bekerjasam dengan DeNA, developer game ternama asal Jepang. Sayang, ambisinya itu harus terhenti sampai disini. Hingga saat ini, tidak diketahui siapa yang akan mewariskan ambisi besarnya itu. Selamat jalan Iwata…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *