Gmail Kini Lebih Pintar Menyaring Email Spam

Kolom Gadget – Google telah memperbarui alghoritma layanan perpesanan elektronik miliknya, Gmail agar lebih mampu menyaring email spam.

Email spam selalu menjadi hal yang paling dibenci pengguna layanan email. Penyedia layanan email pun berusaha untuk memerangi email. Tak terkecuali Google yang sedang mencoba memperbaiki alghoritmanya untuk memberantas email spam.

Dalam menyaring email spam, Google seperti dilansir dari JagatReview (11/07/2015) kini menjadi lebih pintar berkat diperbaikinya alghoritma tak hanya dari sisi penerima tetapi juga pengirim email. Namun Google sendiri tetap lebih fokus di sisi penerima email. Alasannya, penerima email lebih tau mana email yang harus dianggap spam dan mana yang bukan. Caranya adalah dengan mempelajari kebiasaan-kebiasaan pengguna (penerima email) dalam mengkategorikan email spam sehingga Gmail bisa memblokir pesan yang memang tidak diinginkan oleh pengguna.

Sedangkan untuk pengirim sendiri Google memperbaiki alghoritmanya dengan cara menyediakan penjabaran terkait apakah email dalam jumlah besar yang dikirim akan dianggap sebagai spam atau tidak oleh penerima email. Caranya, dengan menggunakan Postmaster Tool yang telah diperkenalkan oleh Google untuk menganalisa email yang dikirim dan membantu pengirim untuk memperoleh informasi untuk menyusun email. Dengan begini, pengirim bisa menghindari email yang bisa merugikan bagi pengirim dan penerima email.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *