Duh, Domain Star Wars Jadi Rebutan

Kolom Gadget – Pemilik nama domain Star Wars di Inggris, Absciss harus rela melepas nama domain miliknya kepada Walt Disney setelah pengadilan menjatuhkan hak pemegang domain Star Wars menjadi milik Walt Disney.

Perebutan nama domain memang sudah sering terjadi. Biasanya antara perusahaan besar dengan satu individu, pun tak jarang yang bersaing adalah sesama perusahaan besar. Seperti yang baru saja terjadi antara Walt Disney dengan pemilik toko pakaian Joker’s Masquerade yang berbasis di Berkshire, Inggris.

Dalam perebutan nama domain ini, pihak Walt Disney sudah sejak tahun lalu mendesak Absciss sebagai induk perusahaan untuk menutup domainnya, namun Absciss menolak. Tapi Absciss mau tak mau harus melepas nama domain miliknya setelah pengadilan memenangkan Walt Disney sebagai pemenang hak milik domain dari Nominet (pengelola nama domain Inggris). Absciss pun terpaksa menutup 6 domain yang memang memiliki nama Star Wars yaitu starwars.uk, star-wars.uk, star-wars.co.uk, starwarsco.uk, starwarsco.co.uk, dan star-warsco.co.uk.

Absciss sendiri yang menjual kostum bertema Star Wars ini mengaku bahwa perusahaannya sudah memiliki nama domain itu sejak beberapa dekade, dan menyalahkan Walt Disney yang telah merilis film Star Wars karena telah membuat perusahaan berada dalam situasi seperti ini.

Pengadilan Inggris memberikan kesempatan bagi Absciss untuk mengajukan banding hingga tanggal 21 Juli. Kepemilikan nama domain Star Wars oleh Absciss akan benar-benar menjadi milik Lucasfilm jika sampai tanggal yang ditentukan Absciss tidak mengakukan banding. Lucasfilm adalah rumah produksi yang telah diakuisisi oleh Disney senilai USD 4,6 miliar pada tahun tahun 2012.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *