Dianggap Paling Aman, WhatsApp Justru Dilarang di Inggris

Kolom Gadget – WhatsApp saat ini memang menjadi aplikasi perpesanan instan paling aman. Namun karena dianggap paling aman, WhatsApp justru akan dilarang di Inggris. Bagaimana bisa?

WhatsApp memang diakui sebagai aplikasi perpesanan instan yang paling aman lantaran memiliki sistem enkripsi yang mencegah bocornya informasi pengguna melalui pesan-pesan yang dikirim pengguna. Namun di Inggris, keamanan WhatsApp ini justru membuat hubungan antara aplikasi ini dengan pemerintah Inggris menjadi rumit. Pasalnya, pemerintah Inggris saat ini sedang menggodok peraturan ‘Snoopers Charter’ yang akan membuat aplikasi WhatsApp dan sejenisnya terancam dilarang di negara itu.

Hal ini telah diumumkan oleh ratu Inggris bahwa pemerintah akan melarang setiap aplikasi perpesanan yang memiliki fitur enkripsi dan menolak untuk menghapusnya. Aturan ini pun akan segera berlaku beberapa minggu lagi yang akan mengancam eksistensi WhatsApp dan berbagai aplikasi perpesanan lainnya termasuk Snapchat dan iMessage. Tak cuma aplikasi perpesanan, peraturan ini juga mencakup penyedia layanan seperti Google dan Facebook agar mau memberikan akses informasi ke pemerintah Inggris.

Peraturan ini sendiri diberlakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya ancaman terorisme. Aplikasi WhatsApp yang memberikan fitur enkripsi terhadap setiap pesan yang dikirim dianggap sebagai celah bagi pemerintah dalam memantai aktivitas terorisme.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *