Simbiosis Mutualisme Antara Google dan Huawei Hasilkan Smartphone Nexus dan Toko Aplikasi di Tiongkok

Kolom Gadget – Menurut informasi, Samsung dan Huawei semakin dekat karena kedua perusahaan telah bermitra yang menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Kerjasama ini akan menghasilkan smartphone Nexus dan toko aplikasi di Tiongkok.

Kita tentu sudah mendengar bahwa Google tahun ini akan merilis dua smartphone Nexus. Kedua Nexus itu masing-masingnya akan diproduksi oleh LG dan Huawei. Namun khusus untuk Huawei, ada semacam simbiosis mutualisme diantara kedua perusahaan.

Menurut laporan, dengan menggarap smartphone Nexus pesanan Google, Huawei akan memperoleh keuntungan untuk memperkuat pasarnya dan memperoleh pengakuan yang lebih besar di pasar smartphone Amerika Serikat, pasar yang saat ini memang sedang diperjuangkan oleh Huawei. Namun tentu saja selalu ada timbal balik, dan inilah yang disebut dengan simbiosis mutualisme karena kedua belah pihak saling diuntungkan.

Menurut informasi, sebagai imbalan karena Google telah membantu meningkatkan pasarnya di Amerika Serikat, Huawei harus membantu Google dalam membangun sebuah toko aplikasi Android yang baru di Tiongkok. Karena seperti yang kita ketahui, meski Tiongkok adalah pasar Android yang cukup besar, namun Google sendiri tak menyediakan layanan Google Play Store di negara ini karena regulasi pemerintah.

Pengguna Android di Tiongkok sendiri selama ini lebih banyak mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga seperti Baidu, Qihoo 360 dan Tencent Holdings dan Wandoujia. Google sepertinya tetap ingin menyediakan toko aplikasi Android sendiri di Tiongkok namun bukan Google Play. Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut terkait informasi ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *