Samsung dan 12 Perusahaan Gotong Royong Buat Layar Beresolusi 11K

Kolom Gadget – Pemerintah Korea Selatan bersama dengan Samsung dan beberapa perusahaan lainnya dari dalam dan luar Korea Selatan bekerjasama untuk membuat layar ponsel dengan resolusi 11K.

Resolusi layar tertinggi yang digunakan smartphone saat ini adalah Quad HD. Namun tampaknya 13 perusahaan termasuk Samsung yang bekerjasama dengan pemerintah Korea Selatan berencana membuat layar ponsel dengan resolusi 11K dengan kepadatan 2.250 piksel per inci.

Seluruh pihak yang terlibat dalam proyek yang dinamai EnDK ini akan bergotong royong membangun layar 11K ini dengan nilai investasi mencapai 26,5 juta dolar. Proyek ini akan dibangun selama 5 tahun dan telah berjalan sejak 1 Juni lalu. Hasil dari kerjasama ini pun rencananya akan dipresentasikan tahun 2018 mendatang di Pyeongchang Winter Olympics.

Samsung sendiri tampaknya memiliki rencana sendiri dengan layar 11K ini, yaitu dengan menerapkan efek 3D. Menurut media Korea Selatan,layar beresolusi tinggi ini mampu mensimulasikan efek layar 3D dari beberapa jenis ilusi optik.

Menurut informasi yang dilansir dari PhoneArena (10/07/2015), jika layar ini memiliki aspek rasio 16:9 seperti kebanyakan layar ponsel saat ini, maka resolusi sebenarnya dari layar 11K ini akan menjadi 11264 x 6336 piksel. Jika diagonal layar adalah 5,75 inci, maka kepadatan pikselnya akan menjadi 2.250ppi. Angka ini tentu 4 kali lebih tinggi dari layar beresolusi QHD yang memiliki kepadatan 576ppi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *