Play Music Musnahkan Musik yang Sudah Diunduh Secara Otomatis

Kolom Gadget – Setiap lagu yang diunduh lewat Play Music akan dihapus secara otomatis. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Google. Apa yang menyebabkan masalah ini terjadi? Bagaimana cara mengatasinya?

Play Music biasanya digunakan oleh pengguna smartphone Android untuk mengunduh dan mendengarkan lagu secara offline. Aplikasi ini sangat berguna untuk memudahkan penggunanya mendapatkan lagu. Namun jika anda perhatikan, lagu-lagu ini cenderung akan hilang jika perangkat Android anda dimatikan. Hal ini telah dialami oleh banyak pengguna. Namun bagi anda yang belum mengalaminya, ini bisa jadi peringatan untuk anda.

Play Music secara default akan menyimpan cache lagu di penyimpanan eksternal atau microSD, bukan di memori internal ponsel. Hal ini akan membuat data yang ada akan terhapus setiap kali perangkat dimatikan atau di restart. Jadi, jika memiliki banyak lagu yang telah anda unduh dari Play Music, sangat disarankan untuk tidak mematikan ponsel Android anda jika tidak ingin kehilangan musik yang telah anda unduh. Tentu saja, anda tidak bisa selamanya menyalakan ponsel anda. Untuk itu satu-satunya cara adalah dengan menyimpan musik ke penyimpanan internal ponsel.

Beruntung Google telah menyadari hal ini dan akan sedang bekerja untuk memperbaiki masalahnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *