Bisnis Software dan Hardware Jolla Dipisah, Tablet Jolla Mungkin Dikirimkan Bulan Ini

Kolom Gadget – Jolla sebagai perusahaan Finlandia pembesut Sailfish OS telah memisah bisnis software dan hardware. Perusahaan ini pun kemungkinan akan merilis tablet Jolla antara bulan Juli-Agustus ini.

Jolla menjadi perusahaan pengembang Sailfish OS yang terus disiram dan dipupuk untuk bisa tumbuh bersaing dengan platform lainnya seperti Android dan iOS. Benih platform baru produk perusahaan asal Finlandia ini pun mencoba berbagai strategi agar bisa berkembang. Sementara Tizen sudah mulai menumbuhkan daunnya, Jolla baru saja mengumumkan bahwa perusahaannya akan memisahkan bisnis software dengan hardware.

Mulai hari ini Jolla akan berkonsentrasi pada pengembangan dan lisensi sailfish OS, sementara setelah musim panas ini Jolla akan membuat merek baru yang akan berkonsentrasi untuk mengurusi masalah pembuatan dan penjualan perangkat bersistem operasi Jolla seperti smartphone dan tablet.

Jolla sendiri awalnya merupakan perusahaan yang dibangun oleh mantan karyawan Nokia. Dengan mulai dipisahnya bisnsi Jolla, ada kemungkinan kita akan melihat tablet Jolla bersistem operasi Sailfish bulan ini.

Bagi anda yang belum tau, Sailfish OS adalah sistem operasi mobile yang dibuat berdasarkan pada platform perangkat lunak MeeGo. Sedangkan MeeGo adalah platform yang dikembangkan oleh Linux Foundations dengan menggunakan kode sumber dari Nokia Maemo dan Intel Moblin. Sayangnya, perangkat lunak MeeGo ini sudah punah sekarang ini. Jolla pun mengutip sisa-sisa platform yang telah punah ini untuk mengembangkan Sailfish OS.

Jolla sendiri sudah pernah meluncurkan smartphone bersistem operasi Sailfish, sedangkan tabletnya yang seharusnya meluncur bulan Juni harus diundur dengan layar baru yang diharapkan segera tiba dalam waktu dekat dan akan diluncurkan keseluruh dunia. Tablet Jolla ini membawa panel 7,9 inci beresolusi 1536 x 2048 piksel. Tablet ini pun diharapkan memulai debutnya akhir bulan Juli atau sekitar bulan Agustus mendatang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *