Gara-gara Bloatware, Samsung dan Oppo Digugat

Kolom Gadget – Di Tiongkok, Oppo dan Samsung digugat konsumen karena didalam smartphone masing-masing vendor memiliki terlalu banyak bloatware yang dianggap bisa mencuri data pengguna.

Seperti yang sudah kita ketahui, smartphone sekarang ini memang memiliki banyak bloatware yang memberatkan kinerja smartphone. Khususnya Samsung dan Oppo yang memang menginstal banyak bloatware dalam smartphone miliknya. Parahnya, bloatware ini tidak bisa di uninstal oleh pengguna.

Namun di Tiongkok, IB Times (03/07/2015) melaporkan bahwa konsumen disana berani menantang dua vendor Oppo dan Samsung untuk berhadapan dalam hukum. Ya, konsumen ini menggugat Samsung dan Oppo atas banyaknya bloatware yang mengganggu dan terdapat dalam smartphone mereka. Menurut Komisi Perlindungan Hak Konsumen Shanghai, dua smartphone yang dipermasalahkan adalah Samsung Galaxy Note 3 (SM-N9008S) dan Oppo Find 7 (X9007).

Galaxy Note 3 memiliki lebih dari 40 aplikasi bloatware, sedangkan Find 7 memiliki lebih dari 70 bloatware yang tidak bisa dihapus. Aplikasi ini dituduh bisa “mencuri data” dalam beberapa kasus sehingga sejumlah pengguna mengadukan hal ini yang membuat komisi memaksa Samsung dan Oppo menyampaikan cara untuk menghapus bloatware dalam smartphone mereka. Kedua perusahaan pun diberikan waktu hingga 2 minggu untuk menuliskan pembelaan mereka hingga waktu sidang diumumkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *