Wah, Modus Hemat Daya di iOS 9 Bakal Turunkan Kinerja Hingga 40%

Kolom Gadget – Pada iOS 9 yang akan segera diluncurkan tahun ini, terdapat modus hemat daya yang ternyata akan menurunkan kinerja perangkat iOS hingga 40% dengan menonaktifkan banyak proses dilatar belakang.

Dengan modus hemat daya, penggunaan baterai bisa lebih diperpanjang. Fitur ini pun telah diterapkan tak hanya di perangkat iOS, tetapi juga Android. Cara lain dalam menghemat daya adalah menginstal aplikasi pihak ketiga yang bisa mengatur perangkat untuk mematikan beberapa fitur yang tak digunakan di perangkat smartphone agar lebih hemat daya. Namun di iOS 9, modus hemat daya ternyata akan menurunkan kinerja smartphone hingga 40%.

Modus hemat daya ini akan menghemat daya baterai perangkat iOS hingga 3 jam, dan akan diaktifkan saat baterai hanya tersisa sekitar 20-10%. Beberapa aktifitas yang kompleks pun akan dihentikan termasuk diantaranya adalah sinkronisasi email, kecepatan dalam pemrosesan, animasi bergerak hingga latar belakang aplikasi.

Didapatkannya informasi ini setelah Geekbench mendeteksi kecilnya hasil skor iOS 9 saat digunakan dalam single-core dimana skor yang didapat hanya mencapai 1019 saat modus ini diaktifkan. Padahal, saat modus hemat daya nonaktif, skornya bisa mencapai 1606, itu berarti performanya menurun hingga 33%. Sedangkan saat diuji multi-core, skor benchmark iOS 9 dalam modus hemat daya adalah 1750, cukup jauh saat modus hemat daya dinonaktifkan karena iOS 9 mampu mencapai skor 2891, atau terjadi penurunan performa sekitar 40%.

Bagi anda yang belum tau, iOS 9 akan diluncurkan pada musim gugur mendatang yang mungkin akan hadir pertama kali di iPhone 6s.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *