Selain 4G, Telkomsel Ternyata Juga Hadirkan Layanan VoLTE dan VoWiFi

Kolom Gadget – Telkomsel ternyata bukan hanya menggelar layanan jaringan 4G LTE, tetapi juga layanan VoLTE dan VoWiFi, yaitu layanan panggilan suara dan video sekualitas HD.

4G LTE memang menjadi layanan yang sedang digarap habis-habisan oleh pemerintah dan operator di Indonesia untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi. Telkomsel menjadi salah satu dari beberapa operator yang menyediakanya. Namun ternyata tak cuma 4G LTE, Telkomsel juga menyediakan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) dan Voice over WiFi (VoWiFi) disejumlah kota di Indonesia yang memang sudah ter-cover jaringan 4G Telkomsel.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati di Wisma Mulia, Jakarta, Kamis (25/6/2015) seperti dilansir dari DetikInet (25/06/2015), layanan VoLTE dan VoWiFi Telkomsel akan segera dirilis secepatnya pada kuartal ketiga 2015. Telkomsel pun menggandeng Huawei dalam menggelar uji coba yang dilakukan di kantor Telkomsel. Dengan VoLTE, panggilan suara bisa menghasilkan suara yang lebih jernih, sedangkan VoWiFi memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara melalui WiFi. Seluruhnya diproses melalui jaringan 4G LTE. Hal inilah yang membuat panggilan suara dan video menjadi lebih jernih.

Namun untuk saat ini, kedua layanan tersebut masih belum dikomersialisasikan karena Telkomsel masih harus mengatur pola tarif telepon, data dan biaya interkoneksi. Layanan saat diluncurkan pun hanya bisa digunakan sebatas kepada sesama pengguna Telkomsel saja, tidak untuk operator lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *