Hebat! Email yang Sudah Terkirim Kini Bisa Ditarik Kembali

Kolom Gadget – Gmail baru saja kedatangan fitur baru yaitu Undo Send, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Gmail untuk menarik kembali email yang sudah terkirim. Penasaran?

Pernah melakukan kesalahan saat mengirim email ke alamat yang salah? Atau email anda berisi sesuatu yang tidak seharusnya anda bagikan kepada orang lain? Atau anda salah mengirim file dalam email tersebut? Gmail punya solusi untuk anda yang sering melakukan kesalahan seperti ini.

Fitur yang sudah dijadikan bahan eksperiman di Gmail Labs sejak 4 tahun lalu ini memungkinkan pengguna untuk menarik kembali email yang sudah terkirim. Fitur ini dinamai “Undo Send” yang hanya tersedia untuk pengguna layanan Gmail saja. Namun fitur ini sendiri tidak akan aktif sampai anda mengaktifkannya melalui menu Settings. Pengguna diberikan kebebasan untuk menentukan seberapa lama pesan yang sudah terkirim bisa ditarik kembali. Beberapa pilihan yang tersedia adalah 10, 20 dan 30 detik. Jika email sudah terkirim melewati waktu yang sudah ditentukan, maka email tersebut tak akan bisa ditarik kembali.

Saat fitur sudah diaktifkan, maka secara otomatis akan terdapat pilihan “Undo” yang bisa ditekan saat pengguna ingin menarik kembali email yang telah terkirim. Peluncuran fitur Undo Send ini sendiri akan dilakukan bertahap, sehingga tidak semua negara bisa menggunakannya untuk saat ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *