Jika Tak Cukup Memori, iOS 9 Akan Hapus Aplikasi Anda Untuk Sementara

Kolom Gadget – Apple memiliki cara agar iPhone yang memorinya terbatas bisa tetap menginstal iOS 9, yaitu dengan menghapus sementara aplikasi ponsel untuk kemudian diinstal kembali.

Rasa bahagia memuncak saat tiba saatnya smartphone kita mendapatkan pembaruan perangkat lunak baru. Namun terkadang rasa bahagia itu langsung berakhir tak lama setelah ternyata perangkat anda tak memiliki penyimpanan yang memadai. Bukan apa, hanya saja ukuran file pembaruan sekarang ini semakin besar saja. Tahun lalu misalnya, perangkat iOS harus dicekoki file berukuran 4,6GB yang dikirimkan Apple secara OTA (over-the-air) jika penggunannya ingin mencicipi iOS 8. Bagi pengguna smartphone bermemori minim, ini cukup membuat kesal.

Untungnya, Apple mengerti hal ini, dan mulai membawa perubahan di iOS 9. Pasalnya, Apple telah mengumumkan bahwa iOS 9 hanya memburuhkan ruang bebas sebesar 1,9GB. Selain itu, developer kini juga bisa mengkategorikan aplikasinya yang nantinya pengguna bisa mendownload aplikasi yang dibutuhkan saja. Misalnya saja iPhone 64-bit yang akan membuang sumber daya yang berjalan diatas 32-bit, begitu pula sebaliknya. Hal ini dilakukan agar perangkat iOS bisa lebih memaksimalkan penyimpanan perangkat.

Tak cuma sampai disitu, ada satu alternatif lainnya. Developer iOS yang menguji iOS 9 telah menemukan bahwa perangkat mereka tidak memiliki cukup memori untuk mengunduh dan menginstal iOS 9 beta 2. Ternyata, Apple memberikan solusi agar instalasi iOS 9 bisa berjalan sempurna. Solusi itu adalah sistem akan menghapus aplikasi dari penyimpanan perangkat hingga proses pembaruan bisa berjalan. Setelah instalasi OS baru selesai, maka aplikasi akan diunduh kembali secara otomatis dan diinstal kembali ke perangkat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *