Wow, Organ Dalam iPhone 6s Bakal Disusun Ala PC

Kolom Gadget – Menurut rumor baru yang terdengar, Apple dikatakan berencana meninggalkan arsitektur System-on-Chip (SoC) dan beralih ke arsitektur lama dengan menempatkan komponen seperti pada PC.

Kabar terbaru datang dari Apple yang dikabarkan akan merombak sistem penempatan komponen iPhone 6s miliknya dari yang awalnya menggunakan arsitektur System-on-Chip (SoC), menjadi penempatan lawas seperti yang digunakan pada PC, dengan menempatkan komponen secara terpisah.

Menggunakan penempatan modul ala PC memang memiliki banyak keuntungan seperti penggunaan komponen secara terpisah yang memungkinkan Apple untuk menempatkan komponen dengan proses fabrikasi yang berbeda-beda. Misalnya, jika prosesor iPhone generasi mendatang menggunakan proses fabrikasi 16nm, maka Apple bisa menggunakan proses fabrikasi 14nm pada RAM-nya. Meski begitu, seluruh komponen tetap akan dikemas dalam satu paket.

Sementara untuk kelemahannya sendiri, biaya produksinya tentu akan lebih meningkat sehingga akan meningkatkan harga jual iPhone generasi mendatang. Selain itu, penggunaan arsitektur komponen modular seperti ini juga membutuhkan konsumsi daya yang lebih tinggi sehingga lebih boros baterai. Menurut kabar yang beredar, Apple Watch dikatakan menjadi perangkat Apple yang sudah menggunakan arsitektur komponen modular seperti ini.

Namun perlu dicatat, informasi ini masih berupa spekulasi yang belum dikonfirmasi oleh Apple. Kita akan mengetahuinya setelah iPhone 6s yang menjadi iPhone generasi mendatang telah dirilis.

Arsitektur System-on-Chip (SoC) sendiri saat ini digunakan di hampir seluruh smartphone yang ada saat ini. Selain lebih hemat biaya produksi, System-on-Chip (SoC) juga lebih hemat ruang dan konsumsi dayanya lebih rendah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *