Tak Cuma 4G LTE, Smartfren Juga Implementasikan VoLTE Pada Kuartal Keempat 2015

Kolom Gadget – Dalam mengkomersialisasikan 4G LTE, Smartfren tak cuma menyediakan layanan data, tetapi juga suara berbasis VoLTE dan juga VoWiFi yang memiliki kualitas suara sangat jernih.

Smartfren memang belum mengkomersialisasikan layanan 4G LTE, namun operator CDMA ini sudah menguji coba 4G LTE miliknya di dua frekuensi yaitu 2300 MHz dan 850 MHz dan akan segera dikomersialisasikan pada semester kedua 2015. Namun tak cuma 4G LTE untuk akses data berkecepatan tinggi, Smartfren juga akan menggelar VoLTE.

Bagi anda yang belum tau, Voice over LTE adalah layanan komunikasi suara melalui jaringan 4G LTE, yang lebih sering disingkat menjadi VoLTE. Berbeda dengan layanan voice yang selama ini kita gunakan, VoLTE mampu memberikan kualitas suara yang jauh lebih jernih karena suara yang dikirimkan tidak dikompresi dan kapasitasnya lebih besar.

Namun implementasi VoLTE tak akan dilakukan bersamaan. 4G LTE akan diimplementasikan lebih dulu yang kemudian disusul oleh VoLTE pada kuartal keempat 2015. Menariknya, pengguna selain bisa menggunakan panggilan suara melalui 4G LTE, juga bisa melakukan panggilan suara melalui WiFi. Ini karena VoLTE Smartfren dikombinasikan dengan VoWiFi, yang merupakan singkatan dari Voice over WiFi yang kualitasnya lebih baik lagi.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengungkapkan mengklaim bahwa suara yang dihasilkan sangat jernih sehingga saat berbicara melalui VoWiFi maupun VoLTE, akan terasa seperti berbicara langsung dengan lawan bicara kita.

Tak sampai disitu, Smartfren juga menjanjikan kecepatan data yang lebih cepat hingga 225 Mbps berkat diimplementasikannya carrier agregation dengan menggunakan dua frekuensi yaitu 2300 MHz dan 850 MHz secara simultan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *