Smartfren Uji Coba Layanan 4G LTE di Bali, Kecepatan Capai 37 Mbps

Kolom Gadget – Hari ini Smartfren menggelar uji coba layanan 4G LTE di Bali agar semester kedua 2015 nanti layanan 4G LTE Smartfren siap dikomersialisasikan.

Smartfren memang sudah menggelontorkan sejumlah perangkat smartphone yang telah mendukung 4G LTE, namun Smartfren sendiri masih belum menggelar layanan ini, setidaknya hingga saat ini. Smartfren baru saja menguji coba layanan 4G LTE agar pada semester kedua tahun 2015 nanti 4G LTE Smartfren siap dikomersialisasikan.

Berbeda dengan sebelumnya dimana layanan Smartfren hanya tersedia untuk ponsel CDMA, smartphone GSM pun sekarang sudah bisa menggunakan layanan 4G LTE yang disediakan Smartfren selama ponsel itu mendukung frekuensi 2300 MHz dan 850 MHz, karena Smartfren menggunakan frekuensi ini. Kebanyakan ponsel high-end pun sudah mendukung frekuensi ini seperti Xperia Z4, iPhone 6, LG G4 dan HTC One M9. Namun khusus untuk Galaxy S6 milik Samsung, ponsel ini memang diakui hanya mendukung frekuensi 850 MHz.

Dengan digelarnya 4G LTE, pasar Smartfren pun otomatis menjadi lebih luas lagi tak sebatas pada ponsel berbasis CDMA saja, tetapi juga smartphone lainnya. Soal kecepatan, saat uji coba di Bali kecepatan layanan 4G LTE Smartfren tembus 37Mbps untuk kecepatan download dan 1,14Mbps untuk upload. Uji coba dilakukan dengan menggunakan smartphone Andromax Q dan aplikasi SpeedTest.net dari Ookla dengan posisi berada di Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali.

Lalu bagaimana dengan nasib pengguna ponsel CDMA? Smartfren mengatakan bahwa layanan CDMA tak akan dibunuh dan masih akan tetap tersedia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *