Kinerja Snapdragon 810 di OnePlus 2 Dibatasi Untuk Menghindari Panas Berlebih

Kolom Gadget – OnePlus ternyata menambahkan konfirmasi baru dalam mengatasi overheating di OnePlus 2 karena menggunakan Snapdragon 810. OnePlus ternyata meng-underclock Snapdragon 810 agar tidak terlalu panas.

OnePlus akhirnya mengungkap organ dalam utama yang dibawa oleh smartphone mereka berikutnya, OnePlus 2. Kemarin kita telah mendengar bahwa OnePlus telah mengkonfirmasi digunakannya Snapdragon 810 pada smartphone terbaru mereka. Kini kita mendapatkan fakta baru yang masih berkaitan dengan chipset ini.

Ternyata, selain digunakannya beberapa bahan pendingin seperti gel termal dan material grafit untuk melapis chipset ini, OnePlus juga mengumumkan bahwa mereka membatasi kinerja Snapdragon 810. Hal yang sama dilakukan oleh HTC untuk membuat smartphone flagship miliknya HTC One M9 agar tetap terjaga temperaturnya.

Untuk OnePlus 2, vendor ponsel ini akan meng-underclocking prosesor quad-core Cortex-A57 miliknya yang berkinerja tinggi menjadi hanya 1.8GHz. Itu artinya, OnePlus mengurangi 200 MHz atau sekitar 10% dari kinerja asli yang mampu ditangani chipset ini. Sekedar menambahkan, Snapdragon 810 yang dipakai di OnePlus 2 merupakan versi perbaikan yang diberi label Snapdragon 810 v2.1.

Tidak diketahui seberapa besar pengaruh underclocking ini terhadap kinerja OnePlus 2 secara nyata, namun cara ini diyakini OnePlus mampu mengatasi masalah overheating yang sudah dialami banyak smartphone bertenaga Snapdragon 810 dari vendor lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *