Samsung: Lubang di Swiftkey Ditambal Pakai Knox

Kolom Gadget – Banyak perangkat Samsung rentan terkena serangan lantaran celah keamanan yang disebabkan oleh aplikasi Swiftkey. Samsung pun akan menutup celah ini menggunakan Knox.

Laporan mengenai besarnya resiko smartphone Samsung diretas menjadi pukulan yang sangat berat bagi Samsung. Celah keamanan ini diketahui lebih disebabkan oleh aplikasi keyboard virtual SwiftKey yang terpasang secara pre-instal di smartphone ini. Tak tanggung-tanggung, dilaporkan bahwa 600 juta smartphone terancam disusupi program jahat gara-gara Swiftkey.

Samsung pun langsung mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan smartphone besutannya. Samsung tak akan memberikan pembaruan firmware untuk memperkuat keamanan ponsel buatannya karena perusahaan asal Korea Selatan ini akan menambal lubang keamanan ini dengan menggunakan sandbox Knox. Dengan begini, Samsung bisa lebih cepat dalam menambal celah keamanan perangkatnya.

Samsung seperti dilansir dari PocketNow (17/06/2015) menyampaikan bahwa teknologi Knox yang dimiliki Samsung mampu memperbarui kebijakan keamanan ponsel melalui OTA (over-the-air). Dengan begini, perangkat Samsung akan terhindar lebih cepat saat ditemukannya masalah keamanan. Pembaruan kebijakan keamanan ini pun akan digulirkan dalam beberapa hari.

Swiftkey sendiri adalah sebuah aplikasi keyboard virtual dari pihak ketiga yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Namun aplikasi ini di beberapa perangkat Samsung sudah terpasang secara pre-instal. Celah keamanan yang ditemukan pada aplikasi Swiftkey pada akhirnya juga membuat perangkat Samsung terkena imbasnya. Untungnya Samsung memiliki Knox yang mampu menambal lubang ini. Kerentanan keamanan ini pun akan ditutup dalam beberapa hari ke depan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *