Peluncuran Xiaomi Mi 5 Ditunda Gara-gara Snapdragon 810

Kolom Gadget – Xiaomi harus menunda peluncuran Xiaomi Mi 5. Hal ini disebabkan oleh Snapdragon 810 yang didera isu overheating sehingga membuat Xiaomi lebih memilih menunggu Snapdragon 820.

Snapdragon 810 seolah menjadi biang kerok dari serangkaian laporan overheating yang diterima berbagai vendor dunia. Pasalnya, rata-rata ponsel yang mengalami masalah ini menggunakan Snapdragon 810 buatan Qualcomm sebagai chipsetnya. Mendengar ramainya laporan overheating ini, Xiaomi pun dikabarkan lebih memilih menunggu hingga Snapdragon 810 diluncurkan dari pada harus menggunakan Snapdragon 810.

Digunakannya Snapdragon 820 tentu menjadi keputusan yang tepat bagi Xiaomi. Pasalnya, sudah ada banyak smartphone yang mengalami panas berlebih, yang rata-rata didalamnya terbenam chipset Snapdragon 810. Wajar jika Snapdragon 810 menjadi momok yang menakutkan bagi produsen ponsel asal Cina tersebut. Namun hal ini tentu saja berakibat pada tertundanya peluncuran Xiaomi Mi 5.

Kalaupun Mi 5 ingin diluncurkan tepat waktu, Xiaomi seharusnya memiliki beberapa paten terkait kontrol termal yang bisa mengatasi masalah overheating, seperti yang diterapkan pada Xiaomi Mi Note Pro yang juga menggunakan Snapdragon 810. Namun tampaknya Xiaomi masih kurang pede dengan solusi paten yang ia miliki.

Qualcomm sendiri harus menderita karena pengiriman chipset Snapdragon 810 besutannya ternyata jauh lebih rendah dari yang telah diperkirakan. Bahkan meski pihak Qualcomm telah menepis isu overheating pada smartphone, kebanyakan konsumen tampaknya tak mau mengambil resiko untuk membeli produk yang memiliki kemungkinan untuk mengalami masalah kedepannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *