Apple Mulai Beri Sinyal Bangun Pabrik di Indonesia

Kolom Gadget – Petinggi Apple telah menemui Menteri Perindustrian untuk membicarakan soal investasi di Indonesia. Menurut Menperin, Apple mulai memberikan sinyal.

Jika anda mulai khawatir dengan keputusan Apple untuk menolak membangun pabrik di Indonesia dalam rangka mengikuti aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang direncanakan mulai diterapkan awal 2017 mendatang, tampaknya anda para Apple Fanboy bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin Apple telah memberikan sinyal untuk membicarakan lebih lanjut soal investasi di Indonesia.

Para petinggi Apple yaitu Patrick Murphy yang menjabat sebagai Vice President of Operation Apple dan Gordon Shutwik sebagai Director of Information Technology and Learning Technologies telah bertatap muka membicarakan hal ini. Menteri Perindustrian dalam kesempatan itu pun merayu Apple agar mau berinvestasi di Indonesia. Mengingat pada tahun 2017 mendatang Indonesia akan menerapkan tingkat kandungan dalam negeri untuk produk ponsel sebesar 30%. Dalam pertemuan itu, petinggi Apple pun ingin mengetahui tata cara local content yang seperti apa dalam aturan TKDN itu.

Saleh mengatakan bahwa pihak Apple menyadari bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dan potensial bagi perusahaan asal Cupertino itu. Namun Saleh menekankan bahwa kedatangan Apple ke Indonesia sendiri tidak berkaitan dengan Foxconn Technology Group yang pernah ingin membangun pabrik di Indonesia.

Mengenai kepastiannya sendiri apakah Apple akan membangun pabrik di Indonesia, masih akan dibicarakan kembali. Namun petinggi Apple menyatakan bahwa perusahaannya ingin agar produk-produk Apple bisa tetap eksis di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *