Kaspersky Akui Windows Phone Lebih Aman Dari iOS dan Android

Kolom Gadget – Bicara soal keamanan platform mobile populer dunia yaitu Android, iOS dan Windows Phone, Kaspersky mengakui bahwa Android dan iOS masih banyak bolongnya dari Windows Phone.

Dari tiga platform mobile populer di dunia saat ini yaitu Android, iOS dan Windows Phone, mana menurut anda yang lebih aman? Terkait hal ini, Eugene Kaspersky yang menjabat sebagai CEO Kaspersky, perusahaan cyber security yang terkenal dengan produk-produk antivirusnya ini mengakui bahwa Windows Phone merupakan sistem operasi mobile paling aman saat ini.

Pengguna iOS dan sebagian besar orang lainnya mungkin sepakat bahwa iOS secara sistem adalah platform paling kuat dari segi keamanan. Namun sebenarnya iOS lebih rentan terhadap pembobolan karena pelaku kriminal lebih terobsesi dengan platform yang satu ini. Dari situ, Kaspersky mengatakan banyak sekali celah keamanan. Apalagi dengan dilarangnya aplikasi antivirus buatan pihak ketiga oleh Apple, sehingga saat perangkat iOS terinfeksi atau terserang, tak ada aplikasi antivirus yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Sementara Android, Kaspersky menyampaikan bahwa platform robot hijau ini setiap saat selalu menerima serangan brutal. Berbeda dengan dua platform diatas, Windows Phone sampai saat ini masih bersih dari serangan.

Meski begitu, ketiga platform harus menaruh perhatian lebih terhadap keamanan sistem operasi masing-masing karena melalui perangkat yang menggunakan platform ini 97 persennya melakukan aktifitas yang menggunakan password. Satu-satunya cara agar smartphone pengguna tidak diserang adalah dengan mematikan koneksi internet ponselnya. Untuk menghindari serangan seperti ini, Kaspersky hingga saat ini masih menggunakan feature phone lawas hasil produksi Sony Ericsson. Meski ia memiliki tablet, namun tablet tersebut hanya digunakan saat ia membutuhkan hiburan dalam perjalanan. Begitu informasi yang dilansir dari PhoneArena (12/06/2015).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *