Tolak Regulasi TKDN, Produk Apple Bisa Raib Dari Indonesia

Kolom Gadget – Produk-produk Apple terancam raib dari Indonesia karena perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini menolak untuk mengikuti regulasi TKDN yang sedang digodok pemerintah.

Keberadaan dan eksistensi produk-produk Apple bisa terancam dengan adanya regulasi baru terkait kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Ini karena Apple menolak kebijakan yang sedang digodok oleh pemerintah itu. Meski ditolak oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu, nyatanya regulasi ini terus berjalan. Bahkan menurut Men‎kominfo Rudiantara, rencana TKDN ini hanya tinggal satu kali pertemuan lagi dengan Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian untuk membahas finalisasi kebijakan sebelum resmi diterapkan mulai 1 Januari 2017.

Rencananya, regulasi TKDN ini sendiri seperti dilansir dari DetikInet (10/06/2015) akan ditandatangani bulan ini, dimana regulasi tersebut diharapkan akan menentukan TKDN mencapai 30% untuk perangkat pengguna akhir dan 40% perangkat jaringan. Setelah regulasi ini diterapkan, maka diharapkan industri design house bisa tumbuh di Indonesia sehingga berbagai merek global nantinya akan mulai melirik untuk menggunakan software dan hardware buatan Indonesia.

Terkait penolakan Apple untuk mengikuti regulasi TKDN, Rudiantara tak ambil pusing karena menurutnya penolakan itu bukan masalah besar. Dia tidak mempermasalahkan atau memaksa perusahaan untuk mengikuti regulasi ini. Namun jika Apple memutuskan untuk tidak mengikuti regulasi dari pemerintah, maka bisa dipastikan peredaran produk-produk Apple seperti iPhone bakal raib dari di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *