Bulan Ini, Chipset Apple A9 Akan Diproduksi Massal Oleh TSMC

Kolom Gadget – Menurut laporan terbaru dari Cina, TSMC dikatakan telah selesai uji coba produksi chipset Apple A9. Chip yang akan digunakan iPhone 6s ini pun akan segera diproduksi bulan ini.

Chipset Apple A8 yang digunakan pada iPhone generasi sebelumnya, iPhone 6 diproduksi oleh TSMC. Lalu bagaimana dengan chipset Apple A9 yang akan digunakan oleh iPhone 6s dan akan meluncur dalam beberapa bulan lagi?

Menurut laporan terbaru dari CinaTimes (10/06/2015), TSMC yang masih akan memegang basis produksi chipset ini telah menyelesaikan uji coba produksi chip Apple A9. Bahkan menurut laporan tersebut, TSMC berhasil membuahkan chipset dengan hasil yang lebih menakjubkan dari chipset teranyar buatan Samsung. Tak hanya itu, TSMC juga mampu menekan biaya produksi Apple A9 menjadi lebih rendah. Laporan itu bahkan menambahkan bahwa kinerja chip Apple A9 buatan TSMC yang diproduksi menggunakan proses 16nm tak ada perbedaan dengan chipset buatan Samsung yang diproduksi menggunakan proses 14nm.

Dengan hasil yang seperti ini, bukan tidak mungkin perkiraan analis KGI Securities Ming-Chi Kuo yang sempat mengatakan bahwa TSMC hanya akan diberikan 30% dari bisnis chipset Apple A9 terpentalkan, karena hasil uji coba ini bisa mengubah keadaan. Seperti diketahui, informasi sebelumnya mengatakan bahwa Apple berniat menyerahkan sebagian besar produksi chipset Apple A9 kepada Samsung. Sayangnya, belum jelas apakah Apple memang akan menyerahkan sebagian besar produksi chipset Apple A9 kepada Samsung, atau menyerahkan seluruhnya kepada TSMC. Atau malah Apple akan memproduksi sendiri sebagian besar chip Apple A9. Namun untuk TSMC sendiri dikatakan akan mulai memproduksi massal chip Apple A9 bulan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *