Awas WhatsApp Palsu! Salah Instal Data Kontak Anda Bisa Dicuri

Kolom Gadget – Ternyata ada aplikasi WhatsApp baru berwarna biru yang merupakan WhatsApp palsu. Jika di instal ke smartphone anda, data kontak dan pribadi anda bisa dicuri oleh pelaku.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan instal yang sangat populer selain BBM. Aplikasi ini saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 800 juta pengguna. Tak heran jika banyak pihak tak bertanggung jawab mencoba mencari celah untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Menurut informasi yang dilansir dari Softpedia (08/06/2015), ada sebuah aplikasi mirip WhatsApp yang ternyata bukan aplikasi WhatsApp yang sebenarnya. Aplikasi ini memang mirip sekali dengan WhatsApp, namun dengan warna biru. Saat anda menginstal aplikasi scam ini, maka data kontak anda bisa saja tercuri. Jika pelaku kejahatan cyber ini berhasil mendapatkan kontak anda, maka nomor tersebut bisa disalahgunakan oleh pelaku kejahatan.

Saat anda menginstal aplikasi ini dan membuka aplikasi WhatsApp, anda akan diminta memasukkan nomor ponsel pribadi anda, dan kemudian meminta anda memverfikasi nomor ponsel, sama seperti aplikasi WhatsApp asli saat baru diinstal ke smartphone. Proses verifikasi ini membutuhkan beberapa kali proses untuk lebih meyakinkan pengguna. Jika sudah selesai, pengguna akan diminta mengundang teman lain dan juga menyelesaikan semacam survei. Padahal, dilatar belakang saat anda menunggu SMS verifikasi, sistem aplikasi ini sudah bekerja untuk mencuri data kontak anda.

Apa yang akan dilakukan oleh pelaku kejahatan cyber terhadap data kontak yang mereka dapatkan? Tentu saja ada banyak hal yang bisa mereka lakukan, termasuk menjual data kontak dan data pribadi anda kepada pengiklan untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *