Android M: Gara-gara ‘Mendekati Mati’, Nexus 5 Jadi Super Irit

Kolom Gadget – Fitur Doze pada Android M bisa membuat Nexus 5 menjadi “hampir mati.” Hal ini ternyata bisa mengirit penggunaan baterai pada Nexus 5 jauh lebih besar dari saat menggunakan Android 5.1.1 Lollipop.

Siapa sangka kalau Nexus 5 bisa dibuat hampir 3 kali lipat lebih irit baterai gara-gara dibuat hampir mati oleh Android M. Bukan, ‘mati’ disini bukan karena ponsel dalam keadaan tidak menyala, melainkan fitur “Doze” yang merupakan fitur terbaru di Android M mampu menempatkan Nexus 5 berada dalam kondisi yang hampir mati. Kondisi ini bisa membuat Nexus 5 menjadi jauh lebih irit baterai.

Menurut informasi yang dilansir dari PhoneArena (08/06/2015), hal ini telah diuji coba oleh tim pengembang Android pada ponsel Nexus 5 milik Google. Tim pengembangan Android menggunakan dua buah smartphone Nexus 5 yang masing-masing menjalankan Android 5.1.1 Lollipop dan Android M versi developer preview. Saat diuji coba menggunakan Android M, Nexus 5 ternyata hanya mengkonsumsi 4,5% daya baterai, jauh lebih irit dari Nexus 5 dengan Android 5.1.1 yang mengkonsumsi daya 12%. Uji coba ini dilakukan saat Nexus 5 dalam kondisi siaga (standby).

Bahkan saaat Nexus 5 dengan Android M developer preview diperpanjang waktu siaganya, konsumsi daya jauh lebih irit dengan 9% daya baterai dikonsumsi Nexus 5 dengan Android M dan 24% daya baterai dikonsumsi oleh Nexus 5 dengan Android 5.1.1

Lantaran rendahnya konsumsi daya, hal ini mampu memperpanjang ketahanan baterai Nexus 5 dari yang awalnya 200 jam menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop, menjadi 533 jam saat menggunakan Android M.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *