Dengan Facebook Lite, Akses Facebook Dengan Kecepatan Pas-pasan Jadi Lebih Cepat

Kolom Gadget – Facebook baru saja meluncurkan Facebook Lite yang memungkinkan pengguna bisa mengakses Facebook dengan performa yang lebih baik meski diakses menggunakan koneksi internet yang lambat.

Dibeberapa negara termasuk Indonesia, koneksi internet masih menjadi sesuatu yang cukup sulit. Beberapa daerah masih ada yang harus mengandalkan koneksi 2G dalam mengakses internet. Hal ini tentu menyulitkan pengguna untuk bisa melek internet. Atas alasan itu Facebook menghadirkan Facebook Lite, sebuah aplikasi yang ditujukan kepada pengguna Facebook yang memiliki koneksi internet lelet.

Tak jauh berbeda dengan Facebook versi reguler, aplikasi Facebook Lite tampilannya sama saja. Namun tak seperti Facebook reguler, aplikasi ini bisa dengan cepat membuka laman Facebook setelah dibuka. Selain itu, beberapa fitur juga harus dihilangkan agar pengguna Facebook yang memiliki koneksi internet lambat bisa tetap nyaman dalam mengakses Facebook. Misalnya saja pemutar video, dimana fitur ini tidak ada di Facebook Lite. Ini karena video menyedot terlalu banyak bandwidth.

Tak cuma fitur yang dipangkas, ukuran file aplikasinya juga turut dikompres menjadi hanya 1MB saja. Dengan begini, proses download file aplikasi dan instalasi tak membutuhkan waktu lama dan bandwidth besar. Aplikasi ini bahkan bisa berjalan lancar di perangkat ponsel dengan perangkat keras yang pas-pasan.

Facebook Lite sendiri target utamanya adalah pengguna Facebook di Asia. Namun entah kenapa aplikasi ini belum tersedia di Indonesia. Setelah ini, Facebook Lite juga akan tersedia di Amerika Latin, Afrika, dan Eropa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *