Apple Maps Dilepas ke Android dan Windows Phone?

Kolom Gadget – Menurut kabar, Apple tampaknya berencana menghadirkan layanan Apple Maps ke platform lain dengan mengaksesnya melalui web browser. Informasi ini berdasarkan pada lowongan kerja yang sedang dibuka oleh Apple.

Informasi baru datang terkait layanan pemetaan eksklusif Apple Maps yang dimiliki oleh Apple. Menurut kabar yang berhembus, Apple berencana melepas layanan pemetaan miliknya itu agar bisa diakses sebagai layanan online. Jika informasi ini benar, maka perangkat Android dan Windows Phone tentu bisa mengaksesnya.

Informasi ini sendiri bersumber dari Apple Insider (03/06/2015) yang menemukan bahwa melalui website resminya, Apple sedang mencari seorang ahli JavaScript untuk bekerja sebagai “Maps JavaScript Engineer.” Para calon yang ingin mendapatkan posisi ini harus bisa membuat Apple Maps berjalan mulus di website.

Ini merupakan langkah yang cukup berani dari Apple, karena biasanya Apple memang enggan menyediakan layanan yang ia miliki ke platform lain diluar platform yang ia miliki (iOS, OS X) seperti iTunes, misalnya. Meski beberapa layanan juga telah dilepas seperti iCloud dan iWork.

Apple Maps sendiri awalnya hanya tersedia untuk iOS 6 atau yang terbaru dan OS X 10.9 Mavericks. Jika langkah ini memang diambil oleh Apple, maka Apple Maps tentu akan bersaing langsung dengan Google Maps karena bisa diakses oleh perangkat dari platform lain seperti Ubuntu, Windows dan Android. Meski tampaknya Apple Maps tak akan mampu untuk bersaing dengan Google Maps (setidaknya untuk saat ini) karena fitur yang dibawa masih berada jauh dibelakang Google Maps. (Gambar ilustrasi: AppsRumors.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *