Google Maps Kini Juga Punya Modus Offline Seperti HERE Maps

Kolom Gadget – Dalam acara Google I/O 2015, Google mengumumkan fitur terbaru Google Maps yang memungkinkan pengguna bisa mengakses navigasi dalam kondisi Offline seperti Here Maps.

Kita tentu sudah mengenal baik HERE Maps yang memang unggul dalam hal pemetaan. Salah satu keunggulannya adalah HERE Maps bisa dibuka meski ponsel kita dalam keadaan tidak terhubung ke internet (offline). Namun sebentar lagi, Google Maps juga akan memiliki fitur serupa.

Hal ini diumumkan Google di acara Google I/O 2015. Bahwa saat akhir tahun nanti, Google akan merilis fitur pencarian dan navigasi dalam modus offline. Dengan begitu, pengguna tetap bisa memuat peta meski dalam kondisi offline, dengan cara mengambil peta dari rute sebelumnya. Bahkan fitur petunjuk navigasi suara juga akan tetap bisa berfungsi. Namun untuk saat ini, Google baru mengutamakan fitur ini untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia, dimana koneksi internet memang masih menjadi sesuatu yang belum maksimal.

Sejatinya, sistem ini sama seperti fitur Youtube Offline yang tersedia untuk negara berkembang seperti Indonesia, Filipina, India dan Vietnam, dimana pengguna bisa mengakses video meski dalam kondisi offline dengan cara mendownload dan menyimpan video Youtube pada perangkat ponsel hingga 48 jam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *