Hampir Rp 20 Juta, Harga ‘All In’ Oculus Rift “Mencekik” Penggunanya

Kolom Gadget – Headset VR Oculus Rift akan mencekik penggunanya lantaran harganya yang mahal. Menurut salah seorang eksekutif Oculus VR, seseorang harus mengeluarkan uang sebesar Rp 20 juta untuk bisa menggunakan perangkat virtual reality ini.

Sebelumnya telah diungkap bahwa harga Oculus Rift yang merupakan headset VR paling dinanti yang akan menguras isi kantong para penggunanya. Hal itu membuat Vice President Oculus VR, Nate Mitchell merasa frustasi.

Saat itu, ia mengungkap bahwa harga Oculus Rift bakal mencapai USD 1000 atau sekitar Rp 13 juta. Ini belum termasuk biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk upgrade PC agar PC miliknya mendukung Oculus Rift. Namun setelah CEO Oculus VR, Brendan Iribe menghitung-hitung biaya ‘all in’ yang harus dikucurkan pengguna untuk bisa menggunakan headset VR ini, ternyata angkanya mencapai Rp 20 juta.

Hal itu disampaikan Iribe dalam sebuah konferensi kepada para penggemar yang ingin menggunakan headset VR Oculus Rift ini. ‘All in’ disini maksudnya adalah angka yang harus dikeluarkan pengguna untuk membeli Oculus Rift dan PC yang mendukungnya.

Seperti diketahui, pengguna harus menggunakan PC dengan spesifikasi berupa prosesor Intel Core i5-4590 dengan RAM minimal sebesar 8GB. Oculus VR juga mewajibkan penggunaan GPU minimal NVIDIA GTAX 970 atau AMD R9 290, yang keduanya saat ini dibanderol dengan harga Rp 4 juta. Hitung-hitungan biaya yang harus dikucurkan pengguna untuk membeli PC yang memenuhi spesifikasi tersebut mencapai Rp 10 juta. Apakah banyak orang sanggup membeli headset VR ini? Tampaknya hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *