Wah, Factory Reset Ternyata Tak Benar-benar Hapus Data Pengguna di Ponsel Android

Kolom Gadget – 500 juta ponsel Android terancam karena data pribadi penggunanya tak terhapus secara menyeluruh meski telah di factory reset. Hal ini ditemukan oleh peneliti di Cambridge University.

Hal yang biasa dilakukan oleh pemilik ponsel Android saat ingin menjual atau memberikan ponselnya kepada orang lain adalah melakukan factory reset dengan tujuan agar data-data pribadinya bisa lenyap tak berbekas sehingga tidak bisa diakses oleh pemilik yang baru.

Jika anda berfikir seperti itu, maka anda salah. Anda pengguna ponsel Android tampaknya harus berpikir ulang jika ingin menjual atau menghibahkan ponsel anda kepada orang lain. Karena data-data anda tidak benar-benar terhapus seluruhnya saat factory reset dilakukan pada ponsel anda. Masih tetap ada data-data pribadi yang tertinggal didalamnya.

Peneliti dari Cambridge University telah melakukan uji coba menggunakan 21 ponsel pintar berplatform Android dari berbagai versi mulai Android 2.3 hingga 4.3 dan dari berbagai merek. Pengujian itu menemukan masih tertinggalnya beberapa data pribadi pengguna baik SMS, email, foto dan video juga informasi kontak.

Data-data pribadi anda yang tertinggal biasanya ditemukan dalam aplikasi-aplikasi smartphone seperti Facebook dan WhatsApp. Seluruh data pribadi anda yang tertinggal itu bisa diakses oleh pengguna baru meski telah dienkripsi dengan full-disk encryption. Bahkan 80 persen kasus pengguna baru bisa mengambil kunci yang dibutuhkan untuk mengakses data pengguna Google.

Menurut hasil penelitian yang berjudul ecurity Analysis of Android Factory Resets itu, ada sekitar 500 juta ponsel pintar yang terancam bahaya karena hal tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *