“Rootless” Buat iOS 9 Mustahil di Jailbreak?

Kolom Gadget – Apple dikabarkan menambahkan teknologi baru bernama Rootless di iOS 9. Dengan sistem keamanan yang baru ini, iOS 9 diklaim tidak mudah di jailbreak. Tapi apakah iOS 9 memang benar-benar mustahil untuk ditembus?

Sebelumnya kita telah mendengar bahwa Apple berencana membuat iOS 9 khusus yang bisa dijalankan di perangkat iPhone lawas. Selain itu, kita juga mendengar Apple menambahkan fitur baru bernama “Rootless” yang membuat platform milik perusahaan berlambang buah apel keroak ini sulit ditembus baik oleh malware maupun jailbreak. Tapi, apakah iOS 9 benar-benar mustahil untuk di jailbreak?

Fitur ini kemungkinan besar akan diperkenalkan pada Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) yang rencananya akan diadakan bulan depan. Appe dilaporkan lebih menekankan fitur keamanan di platform mobile miliknya, dengan menerapkan teknologi yang disebut “Rootless”. Dengan fitur ini, akses ilegal ke sistem iPhone, iPad dan iMac tak akan bisa ditembus bahkan meski diakses menggunakan akun administrator. Meskipun, fitur keamanan ini sejatinya dinonaktifkan untuk perangkat Mac.

Seperti diketahui, selama ini para jailbraker telah berulang kali mengeksploitasi platform iOS dengan cara men-jailbreak perangkat iOS mereka. Untuk itulah Rootless dibuat, dengan tujuan untuk menambal lubang-lubang yang ada pada iOS 9.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *